Tuesday, May 24, 2016

Belajar Masa Lalu dengan Teknologi Terbaru di Nagoya

hai kamu, apa kabar? sudah mau mulai puasa nih, kamu sudah siap? terus sebentar lagi Lebaran, pada mau liburan ke mana?
untuk yang merayakan, pasti liburan ke rumah saudara-saudara. bener gak? bener dong.
untuk yang tidak merayakan, kamu pasti lagi menyiapkan jadwal liburan. haha
kalau saya diantara keduanya, karena saya merayakan namun juga tidak merayakan. bingung ya? gpp, gak harus tau kok.

nah tahun ini saya ingin sekali liburan lagi. ke satu tempat yang saya ingin sekali, yaitu Jepang. kalau dengar negara Jepang, kalian ingatnya apa? Hiroshima? Nagasaki? Tokyo? Osaka? Hokkaido? iya Kemungkinan kalian langsung ingatnya kota-kota itu, karena kota-kota itu adalah pusat kota dan menyimpan sejarah Jepang.
Tapi kali ini, yang saya ingin bahas adalah kota Nagoya di Jepang. Apakah kalian pernah dengar? kalau kalian sering baca komik Detektif Conan, kota Nagoya ini cukup sering disebut loh diceritanya. karena Nagoya adalah kota indsutrial otomatif terbesar di Jepang dan merupakan kota sejarah untuk Ninja dan Samurai. dan Nagoya merupakan kota ke-4 terbesar di Jepang, setelah Tokyo, Yokohama dan Osaka.
Agar kalian tidak bingung, mari saya perlihatkan dimana letak kota Nagoya di negara Jepang.

www.skyscrapercity.com
Ternyata kota Nagoya terletak diantara Tokyo dan Osaka, menarik bukan? Ternyata sering dilewati oleh beberapa turis dari Tokyo ke Osaka atau sebaliknya, tapi ternyata masih sedikit wisatawan di Nagoya. Sayang sekali ya, padahal indah loh kotanya. Dimana dalam satu tempat ini, kamu bisa merasakan masa lalu dan mengetahui teknologi di masa depan juga. Sehingga dalam satu tempat, kamu bisa berada diwaktu yang berbeda dan belajar banyak hal. Menarik bukan? Tapi gimana sih kok kita bisa berada didua tempat dalam waktu yang sama? bingung? yuk aku jelasin.





1. Nagoya Castle


Standard kah saya kalau kita mulai wisata di Nagoya hari pertama untuk ke sini? Semoga tidak, karena Kastil ini sangat cantik sekali, terutama saat Musim Panas, karena saat itulah di Kastil Nagoya ini akan mengadakan banyak festival. hehe. Kastil ini merupakan simbol kehormatan dan kekuatan dari kota Nagoya. Kastil ini dibangun pada tahun 1612, sebenarnya Kastil ini pernah hancur lebur saat perang dunia ke 2, jadi Kastil Nagoya saat ini merupakan replikanya. Walaupun replika, namun bangunan ini tetap terlihat megah dan kuat seperti aslinya.

sumber: www.mapio.net
sumber: www.centair.jp
Seperti yang saya infokan sebelumnya, saat musim panas, Kastil Nagoya akan memberikan pertunjukan festival-festival terbaik dari warga Nagoya. Apa saja kah? penasaran? hehe
a. Satsuki Azalea

sumber: www.pinterest.com
Pada saat musim panas, Kastil Nagoya akan mengadakan lomba Satsuki Azalea, dimana Kastil Nagoya akan terpenuhi oleh sekitar 300 tanaman pohon bonsai satsuki azalea. Warna-warna bunganya sangat cantik, benar-benar terasa musim panas sebenarnya yang di Jepang.

b. Nagoya Castle Summer Night Festival
sumber: www.nagoya-info.jp

sumber: www.nagoya-info.jp
Festival yang terbesar dan luar biasa di Kastil Nagoya. Festival ini diadakan saat siang sampai malam hari, mengadaptasi Jepang pada masa lalu, dimana mereka akan menggunakan paper lanters yang digunakan saat liburan Obon. Disana kamu juga dapat melihat Bon dancing dan mungkin kamu juga dapat mengikuti gerakan khasnya. setiap perfektur, beda gerakan. hihi asik banget kan?
dan disana juga kamu dapat merasakan kebun beer festival, dan booth-booth lainnya seperti makanan khas dan permainan khas mereka. Kamu mau menonton pertandingan sumo secara langsung? Di sana juga bisa. hehe Selain itu, festival ini sangat unik karena membiarkan pengunjung untuk melihat Kastil Nagoya dari jarak dekat saat malam hari, dan itu akan membuat Kastil Nagoya semakin indah. asik kan? Saya yakin saya dan kamu pasti gak akan pernah lupa keseruan festival musim panas di Kastil Nagoya ini.

2. Iga Ninja Village



Iga? Iga sapi? bukan bukan itu. hehe yang ini adalah tempat dimana kamu bisa belajar mengetahui sejarah dan budaya Ninja. Nagoya terkenal dengan tempat lahir para ninja, sehingga di Nagoya ada tempat yang dinamakan Iga Ninja Village. Disana akan ada rumah Ninja, Museum Ninja, hingga pertunjukkan Ninja.

yang pertama adalaha Iga-ryu Ninja House.

sumber: iganinja.jp
apa sih itu? yap ini adalah rumah ninja, dimana kamu bisa merasakan jebakan-jebakan dan pintu-pintu palsu seperti rumah ninja aslinya. Kamu juga bisa merasakan sebagai Ninja, dimana kamu dapat menggunakan pintu tersembunyi, tempat melarikan diri, tempat persembunyian senjata. tapi jangan khawatir kamu gak bisa keluar, karena kamu akan dibimbing para staffnya, btw ada ninja cewek juga loh. *jadi ingat Ninja Hattori* :p

yang kedua yaitu Ninja Experience Hall dan Ninja Tradition Hall.

sumber: iganinja.jp
sumber: iganinja.jp
dimana para tamu bisa melihat senjata-senjata daripara ninja, disana juga ada teater mini-nya untuk menginfokan kepada kamu gimana sih mereka bisa gak dilihat orang lain dan melarikan diri tanpa diketahui orang lain. disana ada lebih dari 400 alat ninja yang diperlihatkan. Kamu juga bisa belajar memecahkan kode dari para ninja dan ninjutsu yang tetap bisa kamu gunakan di jaman modern kini. Menarik banget gak sih? buat saya sih ini menarik banget.

dan yang terakhir tapi tetap menarik sekali sih Ninja Show, dimana kamu bisa melihat pertunjukan para ninja yang menggunakan alat-alat ninja. Kamu bisa melihat secara langsung bagaimana mereka menggunakan shuriken, swords dan kusarigama. 
oh iya, biar lebih merasakan, kamu juga akan dikasih kostum ninja loh begitu kamu sampai di Iga Ninja Village. Benar-benar totalitas deh pengalaman kamu pastinya.
sumber: iganinja.jp

3. The Tokugawa Art Museum


Kamu suka seni? anak seni banget? nah wajib hukumnya kamu kesini. Disini kamu bisa belajar seni dan budaya Jepang dari A sampai Z. Lengkap banget. Mereka mempunyai acara-acara yang permanen setiap tahun, dan juga punya acara-acara yang per jangka waktu. Semuanya bagus banget. Tapi disini isinya gak cuma seni di dalam ruangan saja, disini juga ada kebunnya yang indah banget. Benar-benar kebun Jepang, kamu gak akan rugi deh kesini.
Jadi di Tokugawa Art Museum terbagi 6 eksibisi yang permanen, yaitu The Symbol of The Warrior, The Practice of Tea, Formal Chamber of a Daimyo's Residence, Daimyo Patronage of Noh Theater, Object and Furnishing of Elegant Living, and The Flowering of The Courtly Tradition.
Untuk acara-acara jangka pendeknya di musim panas ini akan ada Black and White (Beauty of Contrasting Colors), The Legacy of Tokugawa Ieyasu, and Tea Utensil Masterpieces. Pasti untuk kamu yang anak seni banget, ini menarik kan? iya kan? jujur aja deh. hihi

sumber:aichi-now.jp
Setelah kamu puas jalan-jalan di dalam ruangannya, kamu sekarang bisa jalan ke luar ruangannya dimana disitu akan ada kebun yang indah sekali. nih saya kasih liat fotonya biar percaya. hihi.

sumber: www.charterbus-limousine.com


4. Nagoya City Science Museum


Seperti yang saya infokan sebelumnya, bahwa di Nagoya gak melulu belajar sejarah. Kali ini kita akan belajar tentang ilmu pengetahuan alam. Di tempat ini yang dari depannya aja udah keliatan keren banget dan dalamnya makin keren lagi. Yap bangunan yang berbentuk planetarium terbesar di dunia yang berdiameter 35 meter, dan gambaran langit berbintang yang ada di layar planetarium, serta suhu ruangannya yang -30ÂșC dimana kamu bisa melihat gambaran langit aurora yang cantik itu. Bisa kamu bayangkan? sudah kebayang belum indahnya? bagus banget kan. Saya ingin banget deh kesana, ya karena saya suka sejarah dan sains. :D
oh iya, bangunan ini pun mempunyai pembangkit tenaga listrik sendiri, dinding warna hijau dan kontraksi bangunan yang tahan akan gempa, begitu pula dengan liftnya. Jadi kamu jangan khawatir saat berada di dalam gedung ini.

sumber: pinterest.com
sumber: japantimes.co.jp
Ilmu Pengetahuan di museum ini dibagi 3 (tiga) yaitu teknologi modern, ilmu pengetahuan kehidupan dan ilmu pengetahuan umum. Di lantai paling atas terdapat ruangan luar angkasa dan teknologi masa depan, di museum ini semua dioperasikan dengan tablet layar sentuh dan teknologi-teknologi terbaru lainnya. Keren kan?
Dan setiap akhir pekan dan musim liburan, mereka mempunyai acara-acara yang sangat menarik sekali, beberapanya seperti berikut Demonstration Show (mereka mengadakan acara ini setiap hari), Daytime Sessions for Star Gazing, disini kamu bisa mengobservasi bintang-bintang yang terang seperti Venus dengan teleskop yang ada di ruangan (tapi tidak bisa setiap hari) dan ada juga Robot Workshop, sekarang mereka sedang mengembangkan pembuatan progoram robot sepak bola, kamu bisa lihat perkembangannya disini.
Kamu mau merasakan melihat ilustrasi bintang-bintang yang serasa dekat sekali? nah kamu patut banget kesini. Layout desain tempat duduknya mereka itu sangat unik sekali. Disana akan terdapat 350 tempat duduk yang semuanya bisa bergerak 30 derajat ke kiri dan ke kanan.
Tapi saya ingetin sekarang, kamu harus reservasi karena kemungkinan penuh apalagi saat musim liburan.


5. Toyota Factory Tour and Museum

Nagoya adalah pusat perindustrian dari Toyota, sehingga disinilah mereka mendirikan museum-museum mereka. Museum-museum? ada banyak dong? Iya ada 3 museum Toyota disana. Apa saja sih? nih saya infokan satu-satu.
a. Toyota Kaikan Museum
Di museum Toyota yang ini kamu bisa mengetahui peralatan-peralatan baru yang mereka ciptakan serta teknologi-teknologi baru juga. Oh terkadang disini juga ada pertunjukkan robot loh, seru banget kan kita bisa belajar teknologi terbaru di tempat yang benar-benar nomor 1 teknologi terbaru di dunia.

sumber: www.japan-guide.net
b. Toyota Techno Museum
Disini kamu bisa belajar mengenai Bapak Toyota dari awal penciptaan merek Toyota hingga menjadi pabrik terbesar. Dan disini juga sering dilakukan eksibisi-eksibisi untuk teknologi otomotofi dan produksi mobil terbaru.

www.japan-guide.net
c. Toyota Automobile Museum
Kamu penggila otomotif? wajib banget kamu kesini deh, dan gak akan rugi. Dalam satu tempat ini kamu bisa mengetahui model-model mobil dari Jepang, Eropa dan America, dari tahun 1800an sampai dengan 1960an. Seru banget deh buat kamu-kamu pecinta otomotif dan pecinta ke jadulan. hehe

www.japan-guide.net

6. SAKAE


Sakae? apa itu? Sakae adalah pusat perbelanjaan dari kota Nagoya. Kamu bisa menemukan apa saja di Sakae, dan kehidupan malamnya pun juga ada loh. Disini banyak juga yang bisa kamu datangi, tidak hanya untuk belanja saja. apa saja sih? yuk kepooo.. :p
a. Sunshine Sakae
sumber: www.kikuko-nagoya.com
Permainan kincir ini adalah yang paling menarik perhatian di Sakae, karena memiliki ketinggian 52 meter, bernama Sky Boat. Kincir ini juga terletak di dekat teater atau kafe dari SKE 48. SKE 48 adalah salah satu grup dari AKB 48. Yang kalian wota-wota, harus banget datang kesini, jangan cuma tahu JKT 48 dan AKB 48. hehe

b. Nagoya TV Tower
Bangunan yang merupakan simbol lama dari SAKAE sebelumnya adalah Nagoya TV Tower. Tower ini selesai dibangun pada tahun 1954 dan merupakan TV Tower pertama di Jepang. Tower ini mempunyai ketinggian 180 meter. Bangunan ini indah dilihat pada siang hari, namun semakin indah saat malam hari, benar-benar bisa dibilang simbol dari SAKAE.

sumber: www.aichi-now.jp

c. Oasis 21
Kalau tadi adalah simbol lama dari SAKAE, yang ini merupakan simbol terbaru dari SAKAE. Bangunan ini dibuka pada tahun 2002. Di dalam Oasis 21 terdapat terminal bus, toko-toko dan restauran. Banyak juga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di sini, diatas bangunan ini ada water spaceship, terbuka untuk umum dan ada kolam renang yang besar sekali.

sumber: www.commons.wikimedia.org
dan sebenarnya masih banyak sekali tempat-tempat yang wajib dikunjungi, nanti akan aku bahas lain waktu saat aku sudah liburan disana ya. hihi.

Udah capek kan jalan-jalannya? Sekarang waktunya makan untuk mengisi perut kita yang kosong. *giliran makan aja cepet banget* hehe.

 
1. Tenmusu 

sumber: www.kokonuggetyumyum.blogspot.com
Kalian suka tempura udang? saya sih suka banget. Jadi sebagai pembuka makanan kali ini, kalian harus mencoba tenmusu. Tenmusu adalah makanan khas dari kota Nagoya. apa itu Tenmusu? adalah tempura udang yang dibungkus dengan nasi dan rumput laut yang dibentuk seperti onigiri, namun ukurannya harus lebih kecil dari onigiri. Selain berisi tempura udang, biasanya ada acar plum, serpihan bonito kering dengan saus kedelai dan salmon asin.
jadi ngiler ya? eitts. ini baru pembukaannya. hehe


2. Miso Nikomi Udon

sumber: www.onlynativejapan.com
di Jepang kalau gak makan udon gak asik dong ya? terus kuahnya kuah sup miso coba. duh lengkap banget. Jadi Miso Nikomi Udon ini adalah makanan khas dari Nagoya juga. Ini terbuat dari Udon yang di masak dengan miso, pasta merah yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan. Biasanya dalam satu mangkok udon ini terdapat ayam, telur, daun bawang, jamur shiitake dan tahu goreng. Oh serunya lagi, ini disajikan di mangkok panas. Makin lezat pasti rasanya


3. Hitsumabushi

sumber: www.paulstravelpics.blogspot.com
Pernah cobain belut goreng? enak kok. Nah sekarang saatnya kamu cobain belut panggang. Hitsumabushi ini adalah masakan yang menyatukan potongan-potongan belut panggang yang disusun diatas nasi yang masih panas dan diletakkan di tempat kayu yang bernama ohitsu.
Gak geli apa makan belut? gak kok, karena rasanya saja udah enak banget sekali coba. hihi Katanya kalau memakan hitsumabushi ada 3 cara. Cara pertama, cukup memakan begitu saja. Cara kedua, ditambahkan bumbu daun bawang, rumput laut dan wasabi. Dan yang terakhir dengan menambahkan sup yang disajikan bersamaan. Mantap banget dong? jadi pengen nyoba nih huhu.


4. Akafuku

sumber: www.tripadvisor.com
Sudah pembukaan dan makanan utama, mari sekarang kita cari makanan penutup atau kamu bisa bawa ini sebagai oleh-oleh kamu. Akafuku sebenarnya adalah kue beras dari Ise-Jingu, tapi sekarang-sekarang kata atasan saya, sudah menjadi oleh-oleh wajib dari Nagoya. Akafuku terbuat dari tepung beras dan kacang merah. Rasanya? sudah pasti rasa kacang merah asli dari Jepang, manis dan legit sekali.


Saya sudah bahas wisata-wisata di Jepang dan oleh-olehnya juga, tapi belum infoin bagaimana akses dan transportasi ke Nagoya ya? hahah. Jadi ke Nagoya itu gampang sekali, karena kita bisa pakai travel kesana. hihi. Travel apa sih yang dipercaya banget? ya cuma H.I.S. dan HAnavi lahhh. Jadi kamu gak akan pakai ribet deh untuk mikirin kesana dan bagaimana. Kenapa? yuk bahas satu-satu.

http://his-travel.co.id

H.I.S. Tours and Travel adalah travel agent yang pusatnya berada di Jepang, info yang saya dapatkan sekarang mereka mempunyai cabang hampir disetiap negara. H.I.S. tours and travel menyediakan layanan individual maupun grup tour dengan tujuan perjalanan domestik di Indonesia ini ataupun internasional. Jadi kita gak akan sibuk lagi memikirkan transportasi, hotel dan lain-lain.

Kantor saya selalu menggunakan H.I.S. Tours and Travel, baik untuk tugas kantor ataupun urusan pribadi kami. Kenapa?

http://his-travel.co.id

1. Karena kenyamanan servis-nya
H.I.S. selalu memberikan servis terbaik bagi calon pelanggannya, baik sebelum memesan tiket sampai akhir perjalanan. ah yang benar? iya benar kok, saya selalu merasakan itu. Staff-staff H.I.S. baik banget dan selalu berusaha memenuhi keinginan pelanggan. Dan mereka selalu rajin memberikan informasi-informasi baru yang kami butuhkan.

2. Harga terbaik langsung dari cabang manapun
Apa sih yang membedakan H.I.S. dengan travel agent lainnya? Karena H.I.S. mempunyai cabang di hampir setiap negara, jadi kita bisa meminta harga lebih murah di negara asal yang kita mau. Kamu mau terbang dari Jepang ke Indonesia? kalau harga dari Indonesia, pasti mahal, nah makanya H.I.S. bisa meminta harga dari Jepang, agar biaya yang kita bayar lebih murah.

3. Karena H.I.S. mempunyai global network
H.I.S. mempunyai cabang di hampir negara, maka akan lebih mudah untuk memantau perjalanan kamu dari memesan tiket hingga kamu kembali dari negara keberangkatan.

4. Unggul dalam individual tour
Kamu mau tour berkelompok? H.I.S. bisa mengatur. Kamu mau tour sendiri? H.I.S. malah bisa banget. Lalu mereka pun bisa menyesuaikan tour-nya dengan jadwal yang kita inginkan. Enak banget kan gak ribet? Kamu cuma cukup siap koper saja deh. hehe

5. Unggul untuk perjalanan ke Jepang
Berhubung pusat H.I.S. ada di Jepang, maka mereka sangatlah unggul untuk perjalanan ke Jepang. Kamu mau kemana dan ngapain saja disana, H.I.S. bisa mengaturnya. Butuh Wifi selama di Jepang? kamu bisa menyewanya di H.I.S. Pokoknya kamu cuma cukup bawa koper saja kok. hehe

dan sebenarnya masih banyak lagi keunggulan H.I.S. Tour and Travel. Kamu harus merasakannya sendiri deh, gak akan nyesel ngerasain servisnya mereka.
untuk info lengkap selanjutnya, kamu bisa main-main ke halaman facebooknya mereka. https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia


Sudah tentang H.I.S. Tour and Travel, nah sekarang kita ke HAnavi. Apa sih HAnavi? kayaknya baru sekali dengar deh tentang ini. Yuk aku jelasin...

HAnavi adalah kolaborasi antara H.I.S. dengan ANA, yang dibuat khusus untuk kamu-kamu yang akan datang ke Jepang.
HAnavi sendiri pun menyediakan paket tiket penerbangan Domestik dan Hotel dengan harga semurah-murahnya, yang berangkat dari Tokyo ataupun dari Osaka.
Kebayang gak tuh kamu travel agent terbesar berkolaborasi dengan maskapai penerbangan nomor 1 di Jepang? wihhh pasti enak banget deh.

1. Hemat Waktu
Bagi kamu-kamu yang gak tahan perjalanan panjang, kini dengan HAnavi, kamu dapat menghemat waktu diperjalanan dengan naik pesawat dan jadwal pun kamu bisa milih sendiri loh.

2. Paket tiket dan hotel yang super murah
Kalau bisa dapat yang murah kenapa tidak? HAnavi menyediakan paket tiket penerbangan domestik dan hotel dengan harga yang gak tanggung-tanggung loh.

3. Beragam pilihan tiket & hotel
Kamu orangnya pemilih? tenang, HAnavi memberikan bergam pilihan kombinasi jaringan domestik dan hotel sesuai dengan rencana kamu. Jadi untuk kamu-kamu yang pemilih pun tetap bisa menikmatinya.
4. Kolaborasi terbaik 
Seperti yang saya bilang tadi, H.I.S. adalah travel agent terbesar di Jepang dan ANA (All Nippon Airways) adalah maskapai penerbangan nomor 1 di Jepang. Jadi, jangan ragu lagi deh untuk kolaborasi mereka, kamu pasti akan merasakan servis terbaik nomor 1 di dunia. 
Informasi lebih lanjut, kamu dapat menghubungi:
Customer Service : +62 21 5733791 (Senin - Sabtu, 09:00 - 17:00)
Apa? Kamu udah gak sabar mau ke Jepang? Sama dong saya juga. :p
Apa? Kamu mau gratisan ke Jepang-nya? Sama saya juga mau. hehe 
Nah kalau kamu memang mau ke Jepang juga, yuk join blog kompetisi yang diselenggarakan oleh H.I.S. dan HAnavi yang bekerjasama dengan Kawaii Beauty Japan. Karena hadiahnya liburan musim panas ke Jepang untuk 2 (dua) orang pemenang!

Penasaran gimana caranya? Cukup klik gambar di bawah ini ya teman-teman. Siapa tau aku dan kamu yang beruntung untuk memenangkan liburan gratis ke Jepang bersama H.I.S. dan HAnavi.


http://his-summer-trip.kawaiibeautyjapan.com/


Terima kasih sudah membaca dan sudah memberi klik pada gambar di atas. See you on my real trip to Japan story. :p ♥


6 comments:

  1. Wah makanannya keliatan enak2 semua, jadi pengin nyoba, terutama udonnya itu :)

    ReplyDelete
  2. Wow, it looks so beautiful!
    Belum pernah dengar kota tersebut tapi tidak kalah seru seperti kota-kota di Jepang yang lainnya.
    Yang membuat menarik bisa merasakan masa lalu dan teknologi di masa depan. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. semoga bisa kesana ya. ikutan yuk kuisnya. thanks for reading!

      Delete
  3. kota yang sedemikian cantik aja sering kelewat ama turis ya :o pengen juga rasanya kesana, lihat teman-teman ada yang kesana rasanya pengen juga.
    btw, salam kenal mbak. baru pertama kesini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, sayang banget. padahal ada semua dalam 1 tempat. hehe
      salam kenal juga. blognya bagus banget mas nya, rapih. hihi

      Delete